Jumat, 23 Desember 2011

Di Tangan Kami Bangsa Ini Ditentukan


Oleh : Pina Rosica (Mahasiswa Biologi Universitas Pendidikan Indonesia )
Sekarang ini Indonesia sedang mengalami masa sulit. Seakan kembali ke masa lalu. Perpecahan ada di mana-mana, usaha pembebasan diri dari NKRI semakin marak terjadi, korupsi seakan menjadi masalah utama yang terus diperdebatkan. Semua pihak seakan menyalahkan presiden sebagai kepala Negara dan berniat untuk menggulingkannya. Dampaknya aksi terjadi di mana-mana. Bangsa ini pernah mengalami masa-masa itu. Namun kenapa kini hal itu harus terjadi lagi? Seakan Indonesia tidak pernah belajar dari kesalahan masa lalu. Bukankah di sekolah kita di ajarkan pelajaran sejarah. Salah satu fungsi dari sejarah adalah untuk mengingatkan kita agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama di masa lalu.
Namun kini bukan saatnya untuk saling menyalahkan. Kita sebagai mahasiswa yang mempunyai peran penting dalam Negara ini harus mulai menyadari apa fungsi kita. Mahasiswa adalah penerus bangsa di tangan kitalah bangsa ini ditentukan. Apakah ia akan tetap berdiri kokoh atau hancur terpecah-belah. Kita dapat merubah masa sulit ini menjadi masa yang lebih baik. Tapi perubahan ini tidak akan pernah terjadi tanpa kesadaran dan tekad yang kuat dari mahasiswa itu sendiri. Kita harus punya bekal yang cukup untuk merubah bangsa ini. Agar ketika kita menggantikan para pemimpin di masa ini kita tidak melakukan kesalahan yang sama seperti mereka.
Bagaimana cara mempersiapakan mahasiswa Indonesia untuk menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik? Menyadari bahwa Indonesia kini sedang mengalami masalah. Karena ketika mahasiswa tidak menyadari apa yang tengah terjadi dia tidak akan tahu apa yang harus ia perbaiki dan ia rubah untuk bangsa ini. Mulailah menelaah dan mencari sumber sebanyak-banyaknya. Pelajarilah apa yang sebenarnya dibutuhkan bangsa ini. Ketika kita melihat ada orang yang dengan mudah membeli sebuah mobil mahal ratusan juta rupiah sedangkan di sisi lain ada orang yang untuk mendapatkan sesuap nasi saja ia harus meminta. Itu artinya ada masalah ketidakadilan di Negeri ini
Menciptakan Mahasiswa yang berkarakter. Mahasiswa yang mempunyai hati nurani yang bersih dan jiwa yang kuat. Para pendidik juga harus mulai menyadari dan merubah cara mengajar mereka. Pendidik seharusnya bukan hanya mengajarkan ilmu akademik saja. Tapi mereka juga harus mendidik moral bangsa ini. Penanaman nilai-nilai moral terhadap insan pendidikan khususnya mahasiswa mutlak dilakukan, karena mahasiswa adalah ujung tombak yang akan menentukan nasib masyarakat kita ke depan. Terkadang kita mungkin melihat beberapa hal yang cukup menggelikan terjadi di Indonesia. Contohnya beberapa mahasiswa melakukan aksi untuk memerangi korupsi, namun ketika di kelas mereka mencontek. Itu membuktikan bahwa calon penerus bangsa ini membutuhkan karakter yang kuat untuk menahan semua masalah yang mungkin akan berusaha menghancurkan mereka. Karena ketika penerus bangsa ini sudah tidak mempunyai karakter Indonesia perlahan-lahan mungkin akan hancur.
Ketika mahasiswa telah siap dengan dua hal tadi. Kita dapat optimis bahwa masa sulit ini akan dapat terlalui. Indonesia akan menyongsong masa depan yang lebih baik. Mulai memperbaiki semua kesalahan yang pernah terjadi dan tak akan pernah melakukannya lagi. Tetaplah berjuang dan berikanlah karya nyata untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Karena di tangan kitalah nasib bangsa ini ditentukan. Hidup Mahasiswa!
           
                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar